ltdc-2016-4-1

Robot Line Follower Teknik Elektro FTI UAD Meraih Juara 2 Dalam Kompetisi LTDC 2016 Universitas Negeri Malang

Line Tracer Design and Contest (LTDC) 2016 merupakan ajang lomba tingkat nasional adu cepat dan adu desain robot line tracer (robot penjajak garis) yang bertemakan Futuristic Glowin’ Up The Battle”. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Indonesia. Sebanyak 156 tim robotik dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti ajang bergengsi LTDC tingkat nasional yang digelar Workshop Elektro Universitas Negeri Malang  selama dua hari (28-29/9/2016). Dalam kompetisi LTDC 2016 yang diadakan di gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang ini dibagi menjadi dua kategori yakni analog dan mikro cotroller dengan total peserta 156 tim yang terdir dari 37 tim analog SMP, 42 tim analog SMA dan 77 tim mikrokontroller dari SMA dan perguruan tinggi. Setiap tim hanya beranggotakan dua orang saja.

img_20160928_081632

Robot Line Follower Teknik Elektro FTI UAD

Pada ajang ini mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) khususnya kelompok studi RDC (Robotic Development Community) mengikuti lomba robot “Line Tracer Design & Contest” (LTDC) 2016 tingkat nasional yang di selenggarakan selama 2 hari tersebut. Robot UAD mengirmkan tim yang berjumlah 5 tim, dan setiap tim terdiri dari 2 orang dan 1 robot. Pada ajang lomba kali ini kami bersaing dengan 77 tim dari perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, saat babak penyisihan kami seluruh tim bisa lolos ke babak 32 besar dengan tanpa hambatan suatu apapun. Ketegangan dalam perlombaan mulai terasa ketika kami menjalani babak 32 besar.

Pada babak final, kami di pertemukan pada satu bagan drawing pertandingan dan di pertemukan pada waktu yag bersamaan. Akhirnya tersisa 1 tim yang berhasil sampai pada babak final yaitu panzer Alpha dengan anggota timnya Hendril Satriyan Purnama dan Yogo Paranto Aji, Berkat doa dan ketenangan, serta kerja keras dari tim, Syukur Alhamdulillah tim kami berhasil meraih juara 2 kategori mikrokontroller pada ajang LTDC 2016 ini. Kemenangan yang diraih ini bukan hanya milik 1 tim saja tetapi kemenangan ini merupakan kemenangan seluruh tim yang kami persembahkan kepada almamater kami Universitas Ahmad Dahlan. /(ns)

img_20160929_140305

ltdc-2016-1

ltdc-2016-4

Berikut Nama Tim Robot Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan dengan dosen pembimbing Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng. :

No Nama Robot Nama Mahasiswa Keterangan
1 PANZER Alpha (Juara 2) Hendril Satriyan Purnama Juara 2
Yogo Paranto Aji
2 RDC_PANZER Perwira Tofik Nurrochman
Yusuf Suwandono
3 RDC_PANZER BM2S Mohammad Iqbalul Faiq Hatta
Muhammad Dhia Dzulfiqar
4 PANZER 27 Ahmad Sopi Samosir
Yoga Prakasa
5 RDC_PANZER LEO V 312 Ibnu Atma kusnadi
Muhammad Arivin

Sumber : fti.uad.ac.id

Post Author: hmteuad

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *